|
Program Usia 2 Tahun
Program ini dilaksanakan di kelas Kepik dan Kumbang dan berlangsung selama 2 jam, 3 kali atau 2 kali seminggu, dengan jadwal masuk sebagai berikut:
Program
pendidikan usia 2 tahun dirancang sesuai kebutuhan perkembangan anak
usia 2-3 tahun, khususnya pengembangan di bidang emosi, sensori-motor,
motorik, bahasa dan sosialisasi.
Pada
periode ini anak sedang dalam masa peralihan dari seorang anak yang
banyak membutuhkan bantuan orang lain menjadi anak yang lebih mandiri
dan kompeten. Kemampuannya untuk berpindah tempat secara independen
menumbuhkan rasa percaya diri untuk menjelajahi lingkungannya dan
melakukan berbagai hal sendiri sesuai keinginannya.
Ia
juga mulai dapat menggunakan bahasa untuk berkomunikasi sehingga mulai
tertarik untuk membuka diri bersosialisasi dengan anak lain walaupun
untuk waktu yang sangat pendek dan membutuhkan dukungan orang dewasa.
Untuk
dapat mengimbangi berbagai perubahan yang terjadi dalam kehidupan anak
usia 2-3 tahun maka sebuah jadwal dan rutinitas yang teratur diperlukan
untuk memberinya rasa aman dan terkendali.
Pada akhir periode ini anak mulai dapat merasakan dan memberitahu orang dewasa tentang kebutuhannya menggunakan toilet.
Sehubungan
dengan kebutuhan perkembangan anak usia 2-3 tahun yang telah diuraikan
diatas maka di semester I sebagian besar kegiatan program pendidikan
anak usia 2 tahun di Taman Bermain Kepompong diberikan dalam bentuk
kegiatan “bermain bebas” dimana anak dapat memilih kegiatan yang ingin
dilakukannya.
Pada setiap sudut kegiatan seorang guru hadir untuk memberi dukungan pada anak untuk melakukan
berbagai kegiatan dan berinteraksi dengan anak lain. Selain itu guru
juga memastikan bahwa semua anak ada dalam pengawasan yang ketat.
Fokus
pengembangan pada semester I adalah anak dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungan sekolah, mengenal guru dan murid lainnya, dan
mengikuti jadwal rutin kegiatan di kelas sehingga anak mulai dapat
memisahkan diri dengan pengantarnya dan melakukan kegiatan secara santai.
Biasanya
ketika anak berusia 2 1/2 tahun, ia mulai terlihat siap untuk melakukan
lebih banyak kegiatan secara berkelompok. Oleh karenanya di semester
II, untuk waktu yang singkat, anak akan diminta untuk bergabung dalam
kelompok kecil untuk mendengarkan cerita pendek dan melakukan ”learning
games” sederhana.
Untuk
dapat memberi rangsangan yang optimal maka program kegiatan dirancang
berdasarkan tema bulanan melalui sebuah jadwal harian teratur namun
cukup fleksibel sehingga kebutuhan setiap anak selalu dapat terpenuhi.
Jadwal Kegiatan Harian Semester I
Jadwal Kegiatan Harian Semester II
Bermain bebas di luar ruangan: biasa dilakukan pada pagi hari sebagai waktu pemanasan, pengembangan otot kasar serta berinteraksi dengan teman dan guru. Anak dapat dengan bebas memilih permainan sesuai minatnya. Permainan
yang tersedia di halaman luas berumput adalah peralatan yang menunjang
pengembangan otot kasar sesuai usia 2-3 tahun: peluncuran, panjatan,
jembatan gantung, ayunan, serta berbagai permainan kelompok atas inisiatif anak dan guru dengan menggunakan bola dan balok
kardus. Selain itu anak juga dapat melakukan berbagai kegiatan
sensori-motor antara lain bermain pasir, melukis dan bermain air. Ia
juga dapat meningkatkan koordinasi otot halusnya dengan bermain puzzle
dan permainan manipulatif lainnya. Kegiatan membacakan cerita dilakukan
sebagai selingan untuk menumbuhkan rasa senang pada buku.
Makan bersama:
setelah mencuci tangan, anak mengambil sendiri tas dari lokernya dan
duduk untuk makan dan minum bersama temannya (makan dan minuman dibawa
sendiri dari rumah). Pada kegiatan ini anak belajar untuk makan sendiri
sambil bersosialisasi dengan temannya.
Menyanyi bersama:
dengan diiringi piano atau gitar anak mendapatkan pengalaman musik
melalui menyanyi, fingerplay, menggunakan alat peraga dan bergerak
sambil mengikuti irama. Anak usia 2-3 tahun biasanya terlihat senang
mengikuti kegiatan ini, yang juga menunjang pengembangan kemampuan berbahasa mereka.
Kegiatan mendengarkan cerita:
di semester I guru bercerita dengan menggunakan Buku Besar di kelompok
besar. Kemudian di semester II anak mengikuti kegiatan bercerita di
kelompok kecil dan guru menggunakan buku cerita berukuran biasa.
Kegiatan learning games:
di semester I guru melakukan kegiatan learning games sederhana dalam
kelompok besar dengan menggunakan benda-benda konkrit. Kemudian di
semester II anak mengikuti kegiatan ini dalam kelompok kecil.
Bermain bebas di dalam ruangan merupakan kegiatan dimana anak dapat memilih untuk bermain di sudut kegiatan menurut minatnya sambil berinteraksi
dengan teman dan gurunya. Sudut-sudut kegiatan bermain yang tersedia
adalah Playhouse & Dress up, Seni Bebas, Pengembangan Kognitif &
Otot Halus, Practical Self-Help Skills, Playdough dan Bercerita.
Dalam
hal toilet-training, guru akan membantu anak melalui proses ini sesuai
kesiapannya. Oleh karenanya kami mengharapkan kerja sama dan komunikasi
yang baik dengan orang tua sehingga proses ini dapat berlangsung dengan
lancar.
Kegiatan dengan partisipasi Orang Tua:
pada bulan Mei orang tua akan diundang untuk berpartisipasi dalam acara
”Sports Day”, sebuah acara keluarga yang melibatkan orang tua dan
anaknya dalam kegiatan bernyanyi, panggung boneka dan olah raga.
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Daftar Blog Saya
-
-
-
Excel Graph Templates2 tahun yang lalu
-
-
Perbandingan Antara "Nokia 112" dengan "Nokia 113"!!11 tahun yang lalu
-
Download Video Youtube13 tahun yang lalu
-
download film gratis13 tahun yang lalu
-
Nadine Chandrawinata Picture Archives14 tahun yang lalu
-
-
Sabtu, 04 Februari 2012
Perkembangan Anak Usia 2 Tahun
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar