Minggu, 17 Agustus 2008

Single Terbaru dari Chrisye


Meski telah tiada,bukan berarti karyanya tak lagi ada. Itulah Chrisye, Penyanyi legendaris yang berpulang pada akhir April tahun ini. Ternyata Almarhum Chrisye masih menyimpan jejak suara dalam lagu berjudul "Lirih". Pada Jumat (1/8) lalu lagu ciptaan Aryono Huboyo Djati ini diluncurkan oleh Musica's Studio dalam sebuah konferensi pers di Fashion Bar, Plaza EX, jakarta. Peluncuran single yang sekaligus menjadi bentuk penghargaan terhadap almarhum

Konferensi pers itu dihadiri oleh istri almarhum Chrisye, Damayanti Noor, pencipta lagu Lirih, Aryono Huboyo Djati. Perwakilan Musica Studio, Indrawati Widjaja dan musisi, Vicky Sianipar.

Lagu Lirih ialah lagu yang sempat direkam oleh almarhum namun belum sempat diedarkan. Menurut Direktur Musica Studio, Indrawati Widjaja, lagu ini ternyata terselip dalam arsip lagu-lagu yang pernah direkam Musica Studio's.

Damayanti Noor, selaku istri almarhum, juga tak kalah kaget."Untuk beberapa hal almarhum tidak pernah cerita ke saya termasuk pembuatan lagu Lirih", ujarnya. Bisa dikatakan lagu ini merupakan lagu yang tidak pernah dirilis sebelumnya", jelas Yanti Noor.

Proses perekamannya pun, menurut Aryo tidak begitu rumit. Lagu yang disenandungkan Chrisye itu hanya diambil bagian vokalnya saja. Aransemen orisinal yang semula dibuat oleh Bagoes A. Ariayanto diganti dengan aransemen baru oleh Vicky Sianipar. "Rasanya kayak ga percaya. Masalahnya apakah saya pantas menata musik Chrisye yang selama ini dianggap legendaris. Tapi ini merupakan tantangan bagi saya," tutur vicky.

Dengan aliran world music-nya vicky mencoba memasukan nuansa baru dalam lagu Chrisye."Saya sendiri membuat dua versi aransemen. Saat proses pengerjaan saya juga telah membayangkan konsep musik yang akan dibuat", jelas vicky.

Pada konferensi pers juga turut ditampilkan pemutaran video klip "Lirih". Video klip tersebut disutradarai oleh Abimael Gandhi, dalam video klip tersebut melibatkan sederet artis-artis seperti Nidji,Peterpan, Guruh Soekarnoputra, Aryono Huboyo Djati Hingga keluarga almarhum.

Lagu Lirih nantinya akan diliris menggunakan konsep digital. "Lagu ini tidak dipaksakan masuk dalam kompilasi. Mengingat kompilasi lagu-lagu Chrisye sudah terbilang banyak. Apalagi saat ini penggunaan Ring Back Tone (RBT)sedang marak. Jika ingin mendownload fulltrack nanti bisa diperoleh di gerai-gerai yang ditunjuk," jelas Indrawati Widjaja.

Dalam sesi diskusi dengan pers, meluncur pertanyaan mengenai seputar target yang ingin dicapai oleh Musica. Pihak Musica menjawab bahwa tidak ada target apapun ari dirilisnya lagu tersebut. Itusemata-mata upaya mengobati kerinduan terhadap sosok Chrisye.

Tidak ada komentar: