Sabtu, 02 Agustus 2008

Nama Besar Di balik Berlin Fashion Week


Saturday, 02 August 2008
MERCEDES AWARD : Desainer asal Jerman, Karl Lagerfeld, usai menerima trofi Mercedes Award di pergelaran Mercedes Benz Berlin Fashion Week berpose dengan model Claudia Schiffer.


DALAMsemalam,Berlin sukses menjadi pusat perhatian.Tidak sebanyak Paris ataupun New York,tapi cukup membuat namanya diperhitungkan di belantika mode dunia.

Ya, pelaksanaan Berlin Fashion Week Spring/Summer 2009 menjadi titik tolak perkembangan Jerman sebagai pusat mode.Para pelaku mode Berlin kini bisa mulai tersenyum bangga karena kerja kerasnya selama dua tahun ke belakang terbayar.Mereka tidak akan lagi dipandang sebelah mata, kendati baru beberapa kali mengadakan ajang fashion week. Kemajuan itu dibuktikan dengan adanya penganugerahan awardbagi insan mode, yakni Mercedes Award.

Penghargaan hasil kolaborasi dengan majalah mode Elle tersebut memberikan trofi pertama kali pada desainer Jerman yang telah melegenda, Karl Lagerfeld. Presentasi inaugural Elle Fashion Star Award (Mercedes Awards) tersebut sekaligus menjadi perayaan 20 tahun Elle Jerman pada perhelatan Mercedes-Benz Berlin Fashion Week.Karenanya,ajang tersebut sontak menjadikan Berlin layaknya Hollywood, tempat semua selebriti dan glitte- ratimode berkumpul.

Tak heran bila dalam acara tersebut,untuk pertama kalinya 20 perancang busana kenamaan dunia berbagi runway yang sama. Fashion show ini berlangsung eksklusif dengan kehadiran para seleb yang duduk di barisan depan, seperti halnya Annie Lennox, Claudia Schiffer, Boris Becker, Maria Furtwängler, dan Kim Cattrall.

Setelah menerima Mercedes Awarduntuk kategori Platinum, Lagerfeld yang juga direktur kreatif rumah mode Chanel mengharapkan Berlin Fashion Weekuntuk terus berkembang hingga bisa menjadi salah satu pergelaran penting dalam agenda mode internasional.“ Dengan begitu, Jerman bisa kembali menjadi kota mode berpengaruh seperti di era 20-an,sebelum Perang Dunia II berlangsung,” tutur Lagerfeld yang mengatakan dirinya kini tengah menyusun buku mengenai hal itu.

Selanjutnya Mercedes Awards untuk kategori Best Collection diraih Raf Simons. Desainer Belgia ini mendapatkan penghargaan berkat rancangannya yang inspiratif dan menjadi acuan banyak desainer lainnya.Adapun di kategori New Comer,Mercedes Awards dianugerahkan kepada duo desainer Tommaso Aquilano dan Roberto Rimondi yang kini menjadi nakhoda label 6267.

Penghargaan yang diterima keduanya sekaligus menjadi bukti bagi dunia internasional bahwa duo anak ajaib ini pantas memimpin rumah mode Gianfranco Ferre, sepeninggal Larrs Nilsson. “Kami sangat bangga dan berbahagia bisa menyelenggarakan penganugerahan Mercedes Awardsini.Acara ini menjadi agenda terpenting selama penyelenggaraan Berlin Fashion Week,”tutur Director Global Marketing Communications Mercedes-Benz Dr Kristina Hammer.

Mercedes Awards memang istimewa.Sekaligus menjadikan Berlin Fashion Week sebagai perhelatan spesial bagi pelaku mode Jerman. Namun, hal itu tidak akan terlaksana tanpa adanya campur tangan nama besar Mercedes- Benz yang menjadi penyelenggara acara Brand yang lekat dengan simbol kendaraan prestisius ini memang telah berkomitmen pada dunia mode selama lebih dari satu dekade.

Menjadikan dirinya lebih dari sekadar partner bagi penyelenggaraan pekan mode internasional. Pabrikan mobil premium ini pun sukses menghadirkan kota-kota mode baru, seperti halnya New York,Los Angeles, Berlin, Miami, serta Meksiko. Bahkan ketika tidak menjadi sponsor utama, Mercedes-Benz tetap ikut ambil bagian dengan mendukung pergelaran- pergelaran akbar yang dihelat di Milan, Stockholm, Amsterdam, serta beberapa kota lain di dunia.

“ O r a n g - orang sangat menyukai halhal yang bisa menghubungkan dengan gaya hidup mereka. Karena itu, kami bekerja keras mewujudkan Mercedes-Benz sebagai brand yang bisa mengakomodasi gaya hidup para konsumen, salah satunya fashion,”sebut Vice-President Brand Communications Mercedes-Benz Cars Dr Olaf Göttgens.

Brand Mercedes-Benz sendiri telah menjadi simbolisasi kemewahan bagi masyarakat Eropa.Hal itu tentu tidak terlepas dari hubungan erat yang terjalin antara Mercedes- Benz dan beberapa luxury labels, seperti halnya Armani, Chanel, Dior di bidang fashion, Tiffany untuk perhiasan, dan IWC bagi jam tangan.(nsa lesthia k)

Tidak ada komentar: