Sabtu, 23 Agustus 2008

Dian Sastro Jadi istri Arjuna


JAKARTA - Setelah Ada Apa dengan Cinta?, Dian Sastrowardoyo kembali berpasangan dengan Nicholas Saputra. Mereka bermain bersama dalam film pendek berjudul Drupadi.

Dian berperan sebagai Drupadi, istri Arjuna yang diperankan oleh Nico -sapaan akrab Nicholas. Tapi akhirnya, karena sebuah takdir yang tak terelakkan, mereka berpisah dan Drupadi menjadi istri Pandawa.

Cerita Drupadi memang menyadur kisah pewayangan Mahabarata. Drupadi adalah putri Raja Panchala nan cantik, cerdas, dan setia kepada suami. Tapi, kemudian dia berontak. Dia ingin memanusiakan diri sendiri setelah berkali-kali dijadikan komoditas, yakni bahan taruhan Pandawa terhadap Kurawa.

Dalam film produksi SinemArt karya sutradara Riri Riza itu, Dian tidak hanya berakting. Untuk kali pertama, pemeran utama film Pasir Berbisik tersebut rangkap jabatan sebagai produser. "Aduh, baru belajar. Berat lho jadi produser. Intinya, saya coba-coba jadi produser, tapi dibantu sama Wisnu, partner saya (sekaligus manajer, Red)," ungkapnya saat ditemui di Goethe Institute, Jakarta, kemarin (21/8).

Ide memfilmkan Drupadi juga berasal dari Dian. Awalnya, dia berdiskusi dengan sang penulis naskah, Leila S. Chudori dan Mira Lesmana. Kemudian, ide tersebut berkembang menjadi besar, terutama setelah melibatkan Padepokan Bagong Kussudiardja yang dipimpin Butet Kartaredjasa dan Djaduk Ferianto.

Menurut Dian, film Drupadi memadukan tiga unsur seni, yakni akting, tari, dan musik. "Kami memang selalu kepikiran harus dicari level baru untuk film. Mencari alternatif dan bentuk-bentuk berbeda," tegas Riri.

Riri mengatakan, menceritakan salah satu penggalan kisah pewayangan menjadi sebuah film pendek sarat makna adalah tantangan utama. Tapi, dia optimistis karyanya akan menjadi sesuatu yang bermanfaat dan terobosan baru bagi dunia perfilman Indonesia.

Nico mengangguk setuju. Dia menganggap Drupadi berupaya menyuguhkan tontonan idealis yang bisa dinikmati banyak orang tanpa mengurangi esensi kisah Drupadi. "Yang pasti, dua minggu sebelum syuting, saya harus ke Jogja untuk latihan menari dengan gerakan-gerakan sebagai Arjuna," ungkapnya.

Begitu pun Dwi Sasono. Demi memenuhi kebutuhan peran, pemeran Yudistira itu harus belajar teater dan olah vokal di Padepokan Bagong Kussudiardja. "Saya baru pertama belajar teater. Lumayan, ilmu baru, selain memang memerankan karakter seperti itu adalah yang saya idam-idamkan," papar suami Widi AB Three tersebut.

Tidak ada komentar: